Cara Main Game di Android Tanpa Install

aplksi

Umumnya, jika ingin memainkan game atau menjalankan aplikasi di smartphone Android Anda harus meng-install-nya terlebih dulu. Jika ternyata kurang sreg, akhirnya di-uninstall kembali. Untuk beberapa kalangan, bisa jadi ini sangat menyebalkan dan buang-buang waktu.
Tapi tunggu dulu. Beberapa waktu lalu Google menghadirkan fitur baru untuk pengguna smartphone Android yang memungkinkannya bisa menjajal game maupun aplikasi tanpa harus meng-install terlebih dulu.

Fitur yang sejatinya dikenalkan pada ajang Google I/O 2016 lalu dan mulai tersedia di perangkat dengan sistem operasi minimal Android Nougat ini disebut “Instant Apps”.
Proses pengoperasiannya terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu mencari game yang diinginkan di Play Store. Jika game tersebut mendukung fitur Google Play Instant, maka di halaman utama deskripsi game tersebut akan muncul tombol “Try Now” selain tombol Install.
Untuk pengguna di Indonesia, fitur ini bisa jadi masih bersifat Closed Beta. Jadi, Anda bisa saja menemukan beberapa ‘bug’ ketika menjajalnya. Dan untuk aplikasi maupun game-nya sendiri pun kemungkinan besar masih terbatas.

Namun, berdasarkan pantauan kami setidaknya sudah ada beberapa developer besar yang mulai mendukung fitur ini dan menerapkannya di game maupun aplikasi garapan mereka. Sebagai contoh Clash Royale, Words with Friends 2, Bubble Witch 3 Saga, Mighty Battles, NYTimes-Crossword dan Paper Football.

Namun, sebelum bisa menikmati fitur terbaru Google tersebut, masih ada beberapa langkah pengaturan yang harus Anda lakukan. Penasara? Yuk simak langkah-langkahnya.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengaktifkan fitur Instant Apps. Di tips kali ini PULSA menggunakan OPPO A83. Buka Google Play Store > Tekan menu bertanda garis tiga di pojok kiri atas, dan tap Settings.

tips-oppo-A83-a
    
Cari dan buka opsi “Use apps without installation” > Pilih akun Google Anda untuk menggunakan fitur Instant Apps > tap ‘Yes, I’M IN.

tips-oppo-A83-b

Berikutnya, masuk ke pengaturan ponsel. Settings > Google > Instant Apps, pastikan dalam posisi On’.

tips-oppo-A83-C

Langkah selanjutnya mencari game yang ingin dicoba. Buka Google Play Games, jika belum memiliki launcher aplikasinya download terlebih dulu dari Play Store.

Jika sudah, Anda akan dibawa ke halaman utama Play Games. Pilih tab ‘Arcade’ dan geser ke bagian bawah hingga menemukan “Instant Gameplay”. Di sini, Anda akan menemukan daftar game dan aplikasi yang masuk dalam kategori “Try Now, Install Later”.

tips-oppo-A83-D
      
Tentukan game yang ingin dicoba, selanjutnya tekan tombol ‘Play’ yang ada di sisi kanan judul atau deskripsi game.
Selanjutnya, Anda akan dibawa ke Google Play Game sesuai game yang dipilih. Tekan ‘Try Now’ untuk mulai mencobanya.

tips-oppo-A83-E
    
Biasanya, Anda akan dibawa ke halaman khusus Cloud-base sesuai game yang mendukung Instant Apps.

tips-oppo-A83-F
Selamat mencoba! (Hairuddin Ali / @hairuddin_ali)



Sumber : Cara Main Game di Android Tanpa Install
Cara Main Game di Android Tanpa Install Umumnya, jika ingin memainkan game atau menjalankan aplikasi di smartphone Android Anda harus meng-install-nya terlebih dulu. Jika ternyat... Cara Main Game di Android Tanpa Install

0 Response to "Cara Main Game di Android Tanpa Install"

Post a Comment