Tangkal Hoax dengan Google News

fake-google

Belakangan ini peredaran berita bohong atau hoax memang sudah mencapai tahap yang sangat mengkhawatirkan. Isi berita yang tersebar bahkan kini tidak hanya terbatas pada isu-isu politik yang tengah hangat, melainkan sudah merasuk pula pada info yang diklaim sangat bermanfaat buat pembacanya meski belakangan diketahui tidak benar. Kabar demikian umumnya menyebar lewat media sosial atau pesan berantai yang disampaikan lewat grup WhatsApp, Line dan lain sebagainya.

Nah guna menghindari termakan isu yang dibuat oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, membaca berita dari media resmi tentu merupakan langkah antisipasi yang sangat baik. Sayangnya, tidak setiap media yang populer memiliki informasi yang Anda butuhkan. Peluang inilah yang kemudian ditangkap oleh perusahaan teknologi dengan menghadirkan aplikasi pembaca berita yang akan merangkum berita dari berbagai media dalam satu tempat yang terintegrasi.

Pengguna smartphone di tanah air tentu sudah akrab dengan keberadaan Line Today atau UCNews. Namun tahukah Anda bahwa Google ternyata juga memiliki aplikasi dengan fungsi serupa? Posisi perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat tersebut sebagai raksasa mesin pencarian dunia tentu membuat aplikasi ini jauh lebih unggul dibanding aplikasi sejenis yang ada di luar.

Penasaran? Simak cara menggunakan Google News pada perangkat Anda lewat tulisan singkat berikut.
1.    Pastikan bahasa Indonesia telah Anda pilih sebagai bahasa sang perangkat.
2.    Silakan unduh Google Berita dari Play Store atau App Store.

fake-google02
3.    Selanjutnya, buka dan jalankan Google Berita. Hubungkan aplikasi dengan akun Google.

fake-google03
4.    Begitu terhubung, Anda akan melihat judul berita yang ditampilkan pada tab ‘Untuk Anda’. Berita yang terdapat pada tab ini disusun berdasarkan riwayat pencarian dan penjelajahan web yang Anda lakukan sebelumnya.

fake-google04
5.    Google Berita juga akan meminta izin akses lokasi perangkat agar berita yang ditayangkan sesuai dengan lokasi Anda berada saat ini.

fake-google05
6.    Beralih pada tab kedua yang bertajuk ‘Judul’, Anda dapat melihat kompilasi berita yang dikelompokkan berdasarkan kategori mulai dari Terkini, Indonesia, Dunia, Bisnis, Teknologi dan masih banyak lagi yang lainnya.

fake-google06
7.    Setiap judul berita yang ditayangkan dapat Anda baca di lain waktu dengan menyimpannya. Pengguna cukup menyentuh ikon tiga titik pada sudut kanan bawah judul dan memilih ‘Simpan untuk nanti.’

fake-google07
8.    Setiap artikel yang disimpan dapat Anda temukan pada tab Favorit. Pengguna juga dapat menambahkan topik apa saja yang menarik minat Anda atau media mana saja yang ingin Anda baca tulisannya.

fake-google09
9.    Bergeser pada tab Kios, Anda dapat memilih berita dari berbagai media lokal dan mancanegara yang digolongkan dalam beberapa kategori seperti hiburan, makanan & minuman, kesehatan & kebugaran dan lain-lain. Pada tab yang sama, pengguna juga dapat berlangganan konten berita berbayar dari media ternama kelas dunia seperti Financial Times atau The New York Times.

fake-google10
10.    Anda juga dapat mengakses pengaturan Google Berita yang berlokasi di pojok kanan atas. Lewat menu dimaksud, Anda dapat menonaktifkan auto play video, menghemat pemakaian data hingga mengubah satuan suhu dari Fahrenheit ke Celcius. Pengguna juga dapat memilih untuk mengaktifkan notifikasi supaya tidak ketinggalan berita terkini.

Sangat mudah, bukan? Selamat mencoba. (Galing)



Sumber : Tangkal Hoax dengan Google News
Tangkal Hoax dengan Google News Belakangan ini peredaran berita bohong atau hoax memang sudah mencapai tahap yang sangat mengkhawatirkan. Isi berita yang tersebar bahkan ... Tangkal Hoax dengan Google News

0 Response to "Tangkal Hoax dengan Google News"

Post a Comment