Temani Ramadhan Agung Dengan Muslim GO

Muslim-GO

Buat Anda yang muslim, memasuki bulan Ramadhan banyak aplikasi yang dapat membantu Anda untuk mudah dalam beribadah seperti membaca Al Quran, membaca bermacam doa dan aktifitas lainnya. Salah satu aplikasi yang cukup lengkap dapat Anda gunakan adalah Muslim GO. MuslimGO, aplikasi mobile penyedia layanan keagamaan dan panduan lengkap bagi muslim di dunia, menjadi aplikasi Islam pertama dengan font Mushaf Al-Qur’an Standar Indonesia yang disertifikasi Kementerian Agama.

Aplikasi ini fokus pada dunia Muslim dan menarik perhatian baik di Malaysia maupun Indonesia. Aplikasi mobile ini sebenarnya juga tersedia di beberapa negara seperti Pakistan, China dan India. Dengan layanan streaming konten religius dan gaya hidup Muslim. Aplikasi ini juga merupakan aplikasi Muslim yang secara resmi disertifikasi oleh Kementrian Agama Pemerintah Indonesia.

Berikut tips penggunaannya.

Muslim-GO-1

Aplikasi ini dapat didownload gratis di Google Play Store. Saat pertama dibuka, Anda akan diminta memberikan 3 informasi dasar yaitu izin lokasi, pengaturan notifikasi azan dan akun yang digunakan (Facebook dan Google+). Pengaturan atau akses ini dapat Anda rubah didalam pengaturan juga nantinya.

Muslim-GO-2

Menu utama yang berada dilayar bagian bawah terdiri dari beranda (tampilan menu utama), populer (al Quran), news (berita pilihan baik video maupun teks), direktori (menampilkan lokasi masjid dan rumah makan terdekat), dan pengaturan.

Muslim-GO-3

Sedangkan pada pengaturan, Anda dapat menyesuaikan pengaturan smart locker (untuk versi PRO), tetapan waktu sholat (menetapkan zona otomatis atau secara manual), quran setting (mengatur ayat harian dan yang terakhir dibaca), kalender hijriyah (penyesuaian kalender).

Muslim-GO-4

Pada menu al Qur’an, setiap ayat yang sedang dibaca akan terlihat pancaran warna kuning. Bacaan yang dimainkan menggunakan qori haramain yaitu Mishary Alafasy. Pada pengaturan, Anda dapat mengaktifkan tajwid, melihat ayat harian yang sudah dibaca, favorit dan catatan. Aplikasi ini setiap harinya akan menampilkan notifikasi ayat pilihan yang dapat Anda baca atau abaikan.

Muslim-GO-5

Setiap ayat yang Anda sorot, dapat Anda sharing ke semua jejaring sosial (tergantung aplikasi jejaring sosial yang Anda miliki tentunya), email atau aplikasi yang terdapat pada ponsel. Cukup dengan memilih > sharing > klik next.

Muslim-GO-6

Sedangkan fitur utama yang terdapat pada aplikasi ini terdiri dari waktu sholat, kiblat, al-quran, shalat sunnah, doa, asmaul husna, tasbih, syahadat, kalender hijriyah, zakat, konten Islami dan kartu ucapan. Waktu shalat menampilkan 7 waktu utama dalam sehari yang menyesuaikan dengan lokasi aktif dimana Anda berada (posisi GPS aktif). Sedangkan arah kiblat menampilkan posisi arah kiblat yang pas sesuai lokasi. Maksudnya kedua fitur ini membutuhkan GPS yang diaktifkan.

Muslim-GO-7

Fitur al-Qur’an menampilkan mushaf al-Qur’an dengan terjemahan Indonesia dan teks bacaan bila dilafalkan kedalam bahasa Indonesia. Sayangnya aplikasi ini tidak memberikan pilihan qori atau pilihan tampilan teks mushaf. Sedangkan sholat sunnah menampilkan beragam tuntunan shalat sunnah yang ada.

Muslim-GO-8

Pada fitur doa, Anda akan disuguhkan beragam doa yang terbagi menjadi 3 bagian yaitu doa harian, doa untuk keluarga dan doa lainnya. Sedangkan asmaul husna menampilkan asmaul husna dengan audio yang memudahkan Anda untuk menghafalnya.

Muslim-GO-9

Fitur tasbih menyediakan hitungan layaknya Anda menggunakan tasbih nyata dengan hitungan 33 dan 99. Tampilan tasbih ini dapat juga Anda rubah warnanya dengan pilihan warna yang tersedia. Untuk menggunakannya Anda cukup mengetuk layar. Sedangkan fitur syahadat berisikan bacaan syahadat.

Muslim-GO-10

Fitur kalender menampilkan kalender baik dalam format hijriah maupun masehi. Anda juga dapat menambahkan catatan (peristiwa) khusus dengan mengklik tanda plus (+). Sedangkan fitur zakat memudahkan Anda untuk menghitung beragam bentuk zakat mulai dari uang, emas, perak, investasi hingga utang. Sayangnya fitur ini sepertinya perlu perbaikan karena angkanya terlalu kecil untuk diubah, tidak tersedia penjelasan dan hasil perhitungan agak membingungkan.

Muslim-GO-11

Satu fitur yang cukup menarik adalah fitur konten Islami. Fitur ini menyediakan buku Islami gratis yang dapat Anda download. Bukunya juga bagus-bagus. Sedangkan fitur kartu ucapan memungkinkan Anda untuk mengirimkan kartu ucapan ke media jejaring sosial atau email dan aplikasi lainnya. Namun bila Anda mengkliknya dari icon fitur, fitur ini tidak berjalan normal. Anda dapat menggunakannya pada menu utama (beranda). Anda juga dapat mengubah tampilan icon fitur dengan 5 pilihan tampilan yaitu default, line, contrast, bear dan colorcon.

Muslim-GO-12

Semoga bermanfaat.

Aldrin Symu



Sumber : Temani Ramadhan Agung Dengan Muslim GO
Temani Ramadhan Agung Dengan Muslim GO Buat Anda yang muslim, memasuki bulan Ramadhan banyak aplikasi yang dapat membantu Anda untuk mudah dalam beribadah seperti membaca Al Qur... Temani Ramadhan Agung Dengan Muslim GO

0 Response to "Temani Ramadhan Agung Dengan Muslim GO"

Post a Comment