Trik Jitu Menghemat Ruang dan Berbagi Dengan ‘Files Go’

Files-Go

Buat Anda yang memiliki ponsel dengan storage kecil, manajemen file merupakan hal wajib dilakukan agar ponsel dapat berjalan dengan mulus dan tidak kehabisan ruang penyimpanan. Melihat hal ini, Google akhirnya menyiapkan solusi dalam wujud aplikasi yang dinamakan ‘Files Go’.

Aplikasi yang tadinya masih dalam bentuk ‘beta’ kini sudah dalam versi 1.0.191899344 ini menyediakan beberapa fitur yang cukup menarik. Tidak hanya untuk manajemen file, aplikasi ini juga menyediakan fitur berbagi ke perangkat lain yang menggunakan aplikasi yang sama. Berikut tips penggunaannya.

Seperti biasa, download aplikasi melalui Google Play dan jalankan. Berikan izin untuk akses aplikasi.

files-GO-1

Pada dasarnya, aplikasi ini terdiri dari 2 menu utama yaitu ‘storage’ dan ‘files’. Storage sendiri terdiri dari beberapa fitur yaitu ‘share’ (untuk berbagi di media sosial), ‘free up media & meme’ (membersihkan image lowres), ‘free up duplicate files’ (membersihkan duplikasi file), ‘backup media’ (backup media di photos), ‘free up recordings media’ (bila file ini telah memenuhi ruang termasuk whatsapp), ‘find unused apps’ (menemukan aplikasi yang telah lama tidak terpakai), ‘free up temporary app file’ (membersihkan aplikasi temporer), ‘free up downloaded file’ (membersihkan file hasil download yang dianggap sudah tidak digunakan), ‘free up large files’ (membersihkan file berukuran besar) dan ‘move files to SD card’ (memindahkan file ke SD card, bila ada). Sedangkan menu ‘Files’ merupakan fitur untuk mengirimkan file hasil download, aplikasi, image, video, audio dan dokumen ke perangkat lain. Pada fitur ini terdapat 2 pilihan yaitu send (mengirim) dan recieve (menerima). Fitur berbagi file ini mengandalkan konektivitas bluetooth. Cara kerjanya adalah pengguna memilih pengguna lain di dekatnya yang disandingkan.

files-GO-2

Untuk membersihkan file temporer, Anda cukup memilih ‘temporary app files’, pilih aplikasi yang terlihat telah menyimpan file temporer (sebaiknya pilih semua), kemudian klik ‘hapus’. Akan terlihat berapa storage yang telah dibebaskan.

files-GO-3

Demikian juga bila Anda ingin membersihkan ‘file yang didownload’, ‘media whatsapp’, ‘recording media’ atau ‘duplicate files’. Cukup pilih fiturnya, pilih filenya dan pilih ‘hapus/delete’.

files-GO-4

Pada menu ‘File’, Anda dapat mengirimkan atau menerima bermacam bentuk file ke atau dari perangkat lain dengan syarat perangkat tersebut telah menginstal aplikasi Files Go juga. Caranya, pilih ‘file’, klik ‘kirim’. Anda harus memberikan izin untuk akses terhubungnya 2 perangkat ini. Pilih berikutnya dan buka setelan izin akses (aplikasi akan mengarahkan Anda ke menu ini). Pilih ‘aktif’.

files-GO-5

Selanjutnya adalah proses pairing dimana perangkat akan mencari perangkat target. Pilih sandingkan bila telah terlihat. Disini file dibagi menjadi download, aplikasi, gambar, video, audio dan dokumen. Kelebihan dari aplikasi ini adalah kemudahan dalam mengirimkan file yang berada pada satu folder sekaligus. Tentunya semakin besar total file yang dikirimkan, maka prosesnya akan semakin lama. Namun jangan khawatir, proses upload dan download tergantung jenis atau versi bluetooth yang dimiliki perangkat. Semakin bagus versi bluetooth nya maka semakin cepat proses transfernya.

files-GO-6

Pada menu ‘find unused apps’, Anda dapat melihat aplikasi yang jarang digunakan. Pilih menunya, ‘go to settings’ lalu pilih ‘files go’, klik ‘permit usage access’ sebagai izin akses. Maka aplikasi akan menggiring Anda kembali ke menu untuk memilih aplikasi mana yang ingin dihapus dan pilih ‘uninstall’.

files-GO-7

Selain menu diatas, Anda juga masih dapat memanfaatkan fitur media backup (photos) yang nantinya akan membackup semua media ke google drive. Sekedar mengingatkan, Google menyediakan 15GB storage gratis di Google Drive buat penggunanya yang dapat Anda manfaatkan. Hanya saja, bila image atau foto yang diback up cukup besar tentunya membutuhkan waktu lebih. Bila dalam prosesnya terasa cukup lama, Anda dapat membatalkannya dan melanjutkannya kembali diwaktu lain.

Selain itu Anda juga dapat menshare aplikasi ini ke media sosial atau teman lewat aplikasi yang ada pada ponsel Anda. Jangan lupa berikan nilai atau saran ke aplikasi ini bila terjadi masalah. Maklum, aplikasi ini tergolong baru dan tampaknya membutuhkan informasi penggunaan.

files-GO-8
Selamat mencoba.

Aldrin Symu



Sumber : Trik Jitu Menghemat Ruang dan Berbagi Dengan ‘Files Go’
Trik Jitu Menghemat Ruang dan Berbagi Dengan ‘Files Go’ Buat Anda yang memiliki ponsel dengan storage kecil, manajemen file merupakan hal wajib dilakukan agar ponsel dapat berjalan dengan mulus ... Trik Jitu Menghemat Ruang dan Berbagi Dengan ‘Files Go’

0 Response to "Trik Jitu Menghemat Ruang dan Berbagi Dengan ‘Files Go’"

Post a Comment