9 Cara Supaya WhatsApp Anda Lebih Aman

Wa

WhastApp ditasbihkan sebagai salah satu aplikasi yang paling banyak dipakai di dunia. Banyak orang menghabisakan waktunya dengan melakukan chating, ngobrol dan berpesanan video melalui WhatsApp. Selain menyenangkan, ini juga bisa jadi berita buruk. Siapapun yang dapat mengakses WhastApp Anda, bisa jadi ia juga akan mengetahui segala seuatu tentang Anda.

Untuk mneghindari hal-hal yang tidak diinginkan, berikut adalah 6 trik mudah yang dapat Anda terapkan untuk memperketat keamanan WhatsApp Anda.

1. Mengaktifkan Two-step verification

Two-step verification atau dua langkah verifikasi adalah upaya untuk lebih memperkuat keamanan WhatApp, khususnya ketika kita sedang melakukan pembicaraan dengan rekan.

Untuk megaktifkannya, masuklah ke menu setting – account – Two-step verification – activate. Kemudian ikuti petunjuk selanjutnya dan pilihlah enam digit angka yang mudah diingat sebagai PIN. Anda juga bisa mencantumkan alamat email yang berguna jika sewaktu-waktu Anda lupa kode.

tp-wa-1

Nah, saat veriikasi dua langkah ini telah aktif, maka secara acak Anda akan diminta untuk memasukkan PIN. Jadi jika suatu saat smartphone Anda dicuri, maka mereka tidak akan bisa membuka WhatsApp And.

2. Aktifkan keamanan smartphone.
Selain PIN dan pattern, kini alternatif untuk mengamankan smartphone Anda kian banyak. Ada pemindai sidik jari, pemindai iris mata, bahkan pemindai wajah. Gunakanlah apapun yang Anda rasa bisa mengamankan smartphone. Jangan pula menggunakan PIN yang mudah ditebak, misalnya 1234, Semakin  aman smartphone Anda, maka WhatsApp Anda juga semakin susah diketahui orang lain.’

3. Nonaktifkan backup cloud
WhatsApp secara berkala membackup percakapan Anda ke layanan Google drive atau iCloud. Jadi setiap Anda melakukan reinstal, Anda tak akan kehilang percakapan sebelumnya.

tp-wa-2

Namun masalahnya, backup yang ada di Google drive maupun iCloud tidak terenkripsi. Ini berarti membuka kesempatan hacker untuk dapat mengkopi backup tersebut dan membaca data Anda.

Jika Anda takut data Anda akan tercuri, silakan nonaktifkan backup cloud dnegan cara masuk ke menu setting – chats – backup. Perlu diingat, dengan menonaktifkan cloud backpu ini, Anda tak lagi bisa membuka percakapan lama jika melakukan reinstal WhatsApp

4. Perhatikan scam

tp-wa-3

Scam adalah pesan-pesan yang amsuk emlalui WhatsApp yang tak jelas peruntukannya. Biasanya berisi link yang membuat Anda tertarik untuk mengkliknya. Abaiakn segala pesan yang tak jelas, terutama soal WhatsApp akrena bisa jadi pesan tersebut menuntun Anda untuk menyerahkan berbagai data etrmasuk WhatsApp Anda.

5. Gunakan aplikasi yang resmi
Banyak aplikasi abal-abal yang emngatasnamakan whatsApp. Demikian juga, banyak peneydia layanan pihak ketiga yang meneydiakan fasilitas chatting WhatsApp via brwoser atau komputer. Sebaiknya, Anda menggunakan alamat web WhatsApp yang resmi yaitu http://web.whatsapp.com.

6. Cek privasi
Ingat, WhatsApp memiliki fitur agar profile Anda hanya bisa dilihat oleh orang-orang tertentu, msialnya hanya ornag yang ada dalam kontak Anda. Untuk mengeceknya, silakan masuk ke WhatsApp – setting – account – privacy. Anda juga bisa menonaktifkan pemberitahuan soal kapan Anda terakhir membuka WhatsApp dan lain sebagainya.

7. Perhatikan kode sekuriti
Saat rekan dan Anda melakukan chatting, ada kode sekuriti yang otomatis muncul. Selama Anda dan rekan Anda memiliki kode yang sama, tak masalah. Jikaberbeda, ini berarti ada seseorang yang ikut ‘nimbrung’ di chat Anda.

tp-wa-4

Bagaiaman cara mengetahui kalau kode Anda sama dengan rekan Anda? Ya dengan membandingkan. Seperti gambar di bawah ini. Untuk memunculkannya, pilih profile Anda, kemudian pilih encryption. 

8. Aktifkan notifikasi keamanan
Perlu Anda tanamkan di benak Anda bahwa jiak kode sekuriti And aberubah, maka percakapan Anda berada dalam bahaya. Anda dapat mengaktifkan notifikasi yang akan memberitahu Anda setiap saat jika kode keamanan berubah. Untuk mengaktifkannya, masuklah ke palikasi WhatsApp, kemudian masuk ke menu setting – account – security. Mintalah kontak Anda untuk melakukan hal yang sama.

tp-wa-5

Sumber artikel dan gambar



Sumber : 9 Cara Supaya WhatsApp Anda Lebih Aman
9 Cara Supaya WhatsApp Anda Lebih Aman WhastApp ditasbihkan sebagai salah satu aplikasi yang paling banyak dipakai di dunia. Banyak orang menghabisakan waktunya dengan melakukan... 9 Cara Supaya WhatsApp Anda Lebih Aman

0 Response to "9 Cara Supaya WhatsApp Anda Lebih Aman"

Post a Comment